Tips Hindari Komplikasi, Tetap Sehat Semasa Hamil



Kehamilan rentan akan terjadinya komplikasi jika Anda tidak berhati-hati. Bisa jadi Anda mengalami pre-eklamsi karena pola makan yang kurang baik atau keadaan emosional yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tenang dulu, mayoclinic.com telah mencoba merangkum beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dan menjaga bayi Anda tetap sehat hingga dilahirkan ke dunia nanti. Check it out.

Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengunjungi dokter secara teratur. Pastikan Anda selalu memantau kondisi kehamilan dan janin Anda. Jika Anda merasakan adanya beberapa hal yang mencurigakan, segera konsultasikan pada dokter.

Jika Anda memiliki tendensi darah tinggi, diskusikan dengan dokter Anda dan mintalah pengobatan yang aman bagi kehamilan Anda. Setelah diberikan resep obat, pastikan Anda mengkonsumsinya sesuai anjuran dokter.

Menjaga tubuh Anda tetap aktif juga bisa mencegah komplikasi pada kehamilan, lho. Tentunya tetap lakukan olah raga secara teratur sesuai anjuran dokter. Jangan melakukan olah raga yang terlalu berat. Anda dapat melakukan kegiatan yang ringan tetapi menyehatkan seperti berjalan-jalan santai.

Namun, ketika Anda mengalami gejala komplikasi atau pre-eklamsi, lebih baik Anda istirahat total di atas tempat tidur dan tidak terlalu lelah. Jaga pola makan Anda dengan baik. Konsumsi makanan yang menyehatkan dan batasi asupan sodium.

Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin kehamilan untuk menjaga kesehatan Anda. Jangan lupa untuk selalu memonitor berat badan Anda juga. Kenaikan berat badan normal berkisar antara 11 hingga 16 kg.

Subscribe to receive free email updates: