Kaki wanita membesar setelah hamil?



Masa kehamilan sepertinya membuat kaki wanita menjadi lebih besar. Perubahan itu pun sifatnya permanen, demikian menurut penelitian terbaru.

Peneliti tepatnya mengukur tinggi lengkungan dan panjang kaki dari 49 wanita hamil dan lima bulan setelah mereka melahirkan. Hasilnya, tinggi lengkungan menurun tetapi panjang kaki bertambah 2-10 milimeter.

Secara keseluruhan, sekitar 6-70 persen wanita kakinya memanjang dengan tinggi lengkungan yang menurun setelah masa kehamilan. Sebelas wanita yang terlibat dalam penelitian bahkan dilaporkan mengganti ukuran sepatu setelah melahirkan.

Sebelumnya, ada penelitian yang melaporkan kalau kaki wanita memang membesar ketika hamil. Namun belum ada yang mencari tahu apakah efek itu tetap sama setelah wanita melahirkan.

"Perubahan ukuran kaki itu bisa jadi disebabkan oleh beban yang dibawa wanita selama hamil. Sehingga membuat lengkungan lebih pasak dan kaki pun memanjang," tutur peneliti Neil Segal dari University of Iowa, seperti yang dikutip dari My Health News Daily.

Selain itu membawa beban saat hamil, wanita juga mengeluarkan hormon yang melunakkan sendi serta jaringan ligamen. Sehingga struktur tulang kaki menjadi lebih lunak.

Pembesaran kaki pada wanita hamil ini pun seolah menjelaskan kenapa di antara mereka ada yang mengalami radang di bagian kaki, lutut, hingga pinggul. Meskipun demikian, Segal berharap akan ada penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut.

Penelitian tentang perubahan kaki wanita setelah hamil ini kemudian dilaporkan dalam American Journal of Physical Medicine and Rehabilitation.

Subscribe to receive free email updates: