Jangan katakan 9 hal ini pada ibu hamil!



Senang rasanya mendengar kabar bahwa saudara atau teman sedang hamil. Namun sebaiknya Anda menjaga diri agar tidak mengatakan hal-hal seperti yang dilansir dari The Telegraph ini pada mereka.

Apakah bayinya kembar?
Jangan menanyakan hal itu pada ibu hamil. Sebab jika jawabannya tidak, ibu hamil akan menganggap bahwa Anda mengejeknya memiliki tubuh gemuk. Toh ibu hamil akan memberitahu Anda kalau bayi yang dikandungnya memang kembar.

Apa kamu melakukan program bayi tabung?
Jika ternyata bayi yang dikandung ibu hamil memang kembar, jangan bertanya apakah mereka melakukan program bayi tabung atau tidak. Hal itu sangat tidak sopan.

Perutmu terlalu besar (atau kecil)
Ibu hamil pasti punya cermin. Mereka tidak butuh komentar Anda apakah perutnya semakin membuncit atau terlihat kecil meskipun sudah hamil tua.

Pakai alat kontrasepsi apa?
Ibu hamil yang baru saja melahirkan sering mendapat pertanyaan seperti ini. Padahal hamil dalam jarak dekat dengan kelahiran sebelumnya belum tentu karena kelalaian penggunaan alat kontrasepsi.

Ingin anak perempuan atau laki-laki?
Perempuan dan laki-laki sama saja, itulah jawaban pasti dari ibu hamil yang diberi pertanyaan seperti ini. Mereka lebih berharap agar bayinya bisa lahir dengan sehat dan selamat.

Berapa lama kamu akan cuti?
Tidak ada yang tahu pasti, bahkan ibu hamil sekalipun. Jika mereka adalah teman kerja Anda, sebaiknya doakan agar mereka segera sehat dan bisa kembali bekerja dengan baik.

Benarkah? Aku tidak tahu kalau kamu ingin punya anak!
Coba lihat kembali poin nomor empat. Jika sudah hamil, jelas para calon ibu sangat menginginkan untuk punya anak.

Kamu harus olahraga!
Sudah jelas bahwa setiap orang sebaiknya berolahraga. Namun mengatakannya kepada ibu hamil hanya akan membuat mereka berpikir, "Aku hanya hamil, bukan obesitas."

Istriku kehamilannya baik-baik saja
Perkataan ini biasanya diucapkan oleh para pria. Sekarang pertanyaannya, apakah Anda yakin? Anda tidak pernah hamil, jadi jangan menganggap semua kehamilan itu mudah dan akan selalu baik-baik saja.

Itulah sembilan hal yang sebaiknya tidak ditanyakan atau diungkapkan kepada ibu hamil. Jika mereka mau berbagi, ibu hamil pasti akan langsung bercerita pada Anda tanpa ditanya.

Subscribe to receive free email updates: