Ibu obesitas rentan lahirkan bayi berpenyakit jantung



 Obesitas yang dialami oleh wanita tak hanya berbahaya bagi dirinya sendiri, melainkan juga pada anak yang dilahirkannya. Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa ibu yang obesitas rentan melahirkan anak dengan dinding aorta yang lebih tebal.

Dinding pembuluh darah arteri yang tebal seringkali dikaitkan dengan masalah kardiovaskular dan penyakit jantung di kemudian hari. Uniknya, penebalan pembuluh aorta ini tak ada hubungannya dengan berat badan bayi saat dilahirkan.

Hal ini ditemukan peneliti setelah mengamati 23 calon ibu. Mereka mencatat BMI para calon ibu sebelum melahirkan. Setelah itu peneliti mengukur abdominal aorta bayi tujuh hari setelah dilahirkan menggunakan gelombang ultra, seperti dilansir oleh NY Daily News (04/03/2013).

Hasilnya, wanita yang obesitas atau kelebihan berat badan dengan BMI di atas 25 cenderung melahirkan bayi yang memiliki dinding aorta lebih tebal hingga 0,06 milimeter dibandingkan dengan ibu yang memiliki berat badan normal.

Semakin tinggi BMI ibu hamil, semakin tebal pula dinding aorta pada bayi. Aorta yang tebal ditengarai berpotensi menyebabkan penyumbatan pembuluh darah pada jantung ketika bayi tersebut beranjak dewasa.

Subscribe to receive free email updates: