Bayi mulai belajar bahasa sejak dalam kandungan



Bayi ternyata sudah mulai belajar bahasa sejak mereka masih ada di dalam kandungan ibu, demikian menurut penelitian terbaru dari Pacific Lutheran University di Washington.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail (02/01/2013), sebelumnya peneliti percaya kalau bayi yang baru lahir mulai bisa membedakan suara bahasa pada bulan pertama pertumbuhan. Namun studi terbaru mengindikasikan bahwa kapasitas mempelajari suara dari bahasa asal ibu sudah dimulai pada 10 minggu terakhir kehamilan.

"Kami sudah tahu selama lebih dari 30 tahun kalau bayi belajar bahasa dengan cara mendengarkan suara ibu yang bicara. Namun ini penelitian pertama yang membuktikan bahwa pembelajaran bahasa dimulai bahkan sebelum bayi lahir," tutur Christine Moon, kepala peneliti.

Sebanyak 40 bayi dari Amerika dan 40 bayi lain di Swedia dilibatkan dalam penelitian ini. Para bayi yang baru lahir tersebut kemudian dites dengan 17 suara bahasa ibu dan 17 suara bahasa asing.

Peneliti lantas mengukur ketertarikan bayi dengan cara menganalisis berapa lama bayi menghisap dot yang dihubungkan dengan komputer. Ketika bayi menghisap dot, mereka mendengar suara sampai berhenti. Lalu saat menghisap lagi, suara yang dihasilkan berbeda lagi.

Di kedua negara tersebut, ditemukan bahwa bayi cenderung lebih lama menghisap dot ketika suara bahasa asing dihasilkan. Hal ini mengindikasikan bahwa bayi sudah belajar bahasa ibu sejak dalam kandungan.

"Kami pikir bayi mulai belajar setelah dilahirkan, namun ternyata mereka sudah melakukannya jauh sebelum itu. Sekarang kami penasaran bagaimana cara mereka mempelajari bahasa dari dalam kandungan ibu," tandas Patricia Kuhl, kepala penulis penelitian dari Institute for Learning & Brain Sciences di University of Washington.

Subscribe to receive free email updates: