26 Tahun, usia paling ideal untuk punya anak?



Tak ada kata terlambat bagi seorang pria untuk memiliki anak. Namun bagaimana dengan wanita? Sebuah penelitian di Inggris mnemukan bahwa usia yang tepat bagi pria atau wanita untuk memiliki anak adalah 26 tahun.

Sekitar sepertiga partisipan yang mengikuti penelitian ini mengatakan bahwa memiliki anak di usia muda berarti mereka bisa memiliki keluarga besar. Selain itu, seperlima partisipan menyatakan mereka bisa memiliki banyak persamaan dengan anak.

Kebanyakan partisipan tak yakin berapa lama mereka harus menunggu untuk punya anak. Namun kebanyakan berpendapat bahwa memiliki rumah sendiri adalah hal yang penting sebelum memiliki anak.

Selain memiliki rumah, enam dari 10 orang tua berpikir bahwa mereka harus bsia menghasilkan cukup banyak uang sebelum punya anak agar bisa hidup mapan untuk anak-anak mereka.

"Hasil penelitian ini sebenarnya mengejutkan karena kami mengharapkan usia pertengahan 20 hingga awal 30 tahun. Ini tak seperti kepercayaan populer di mana wanita ingin cepat-cepat punya anak dan tidak menikmati masa muda mereka untuk mengejar karir atau bepergian," ungkap psikolog Claire Halset, seperti dilansir oleh Daily Mail (26/02/2013).

Penelitian ini juga mengungkap pendapat pasangan yang belum memiliki anak. Satu dari 20 pasangan mengungkap bahwa mereka tak ingin memiliki anak, namun 2/3 responden ingin mencapai keinginan mereka terlebih dahulu sebelum memiliki anak, misalkan mencapai kesuksesan karir dan lainnya.

Sekitar empat dari 10 orang ingin menabung dan mengumpulkan uang yang cukup banyak sebelum memiliki momongan, sementara 26 persen pasangan ingin bepergian ke banyak tempat dahulu sebelum punya anak.

Faktor keuangan dan kesehatan adalah dua hal yang sangat diperhatikan oleh pasangan sebelum mereka memutuskan untuk memiliki anak. Bagaimana pendapat Anda?

Subscribe to receive free email updates: