Yang Harus Dilakukan Ketika Keputihan Wanita Datang Menyerang?



Segala macam cara sepertinya telah dilakukan untuk menjaga kesehatan kewanitaan. Namun, apa daya, ternyata penyakit keputihan wanita tetap saja menyerang. Kalau sudah terlanjur bagini, apa saja yang dapat Anda lakukan agar penyakit tersebut tidak bertambah parah?

Pertama-tama, jangan panik. Seperti yang disarankan clickhealthtips.com, bersikaplah tenang. Hindari stress dan depresi selama periode infeksi jamur atau bakteri, karena malah akan meningkatkan jumlah keputihan yang keluar. Kemudian, mulailah untuk memberlakukan kebiasaan-kebiasan sehat, seperti meminum banyak cairan untuk mengusir bakteri-bakteri jahat dalam kewanitaan.

Bersihkan Miss V dua kali sehari dengan air dingin. Tahan keinginan untuk berenang selama dalam Anda masih terinfeksi dan dalam masa penyembuhan, karena beberapa jenis keputihan dapat menular melalui pakaian renang atau handuk basah. Karena itu, hindari juga penggunaan handuk dan sabun mandi bersama suami atau anak-anak Anda, ya.

Selalu keringkan Miss V dengan tisu sebelum memakai celana dalam, agar dalaman Anda tidak lembab dan menyuburkan pertumbuhan jamur serta bakteri. Cuci celana dalam dan handuk dalam air panas dan keringkan dengan panas matahari untuk membunuh organism yang terselip di serat-serat kain.

Hindari celana ketat, karena hal itu akan memperparah keputihan yang Anda alami. Bila perlu, gunakan pantyliner untuk menyerap cairan keputihan dan bau yang ditimbulkan. Namun, jangan lupa untuk sering-sering menggantinya ya.

Hindari juga makanan-makanan yang membuat suhu tubuh naik, seperti terong, ayam, dan ikan kering. Selama proses penyembuhan, makanlah makanan sehat seperti susu, kelapa muda, biji-bijian, sayuran, dan buah. Batasi juga asupan gula karena gula bisa menyuburkan pertumbuhan bakteri.

Subscribe to receive free email updates: