Simpel dan Mudah Mencegah Keputihan



Pernahkah anda sebal dan terganggu dengan keputihan? Saat anda remaja dan mengalami pubertas, tentu anda menganggapnya sebagai gejala biasa yang sesekali timbul dan tak perlu dikhawatirkan. Namun jika pada usia dewasa saat ini Anda masih mengalami keputihan, tentu ini sudah menjadi sesuatu yang mengganggu, terutama jika Anda telah hidup berumahtangga.

Keputihan disebabkan infeksi yang disertai rasa gatal pada bibir vagina. Banyak bakteri, jamur atau bahkan parasit yang menyebabkan gejala keputihan. Karena itu, sebisa mungkin kebersihan daerah kewanitaan harus kita jaga dengan baik. Namun apa yang kita pikir telah bersih ternyata belum tentu bersih secara medis lho.

Sebagai contoh, untuk menghindari keputihan, situs wikiherb.com ternyata lebih menganjurkan kita memilih bahan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan berbahan dasar sintetis. Lebih baik pilihlah bahan pakaian dalam yang menyerap keringat dan nyaman dipakai seperti katun.

Selain itu, cara membersihkan daerah kewanitaan pun harus diperhatikan dan tidak asal saja. Bersihkan dari depan vagina, hingga ke belakang (anus) dan bukan sebaliknya, karena bakteri pada anus dapat mengotori daerah kelamin anda. Untuk membersihkan, ternyata penggunaan sabun biasa untuk membersihkan daerah kewanitaan anda pun dapat memicu keputihan. Lebih baik menggunakan sabun khusus daerah kewanitaan.

Terakhir, hindarilah stres dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang tidur, jarang berolahraga, dan makan tidak teratur, karena itu semua akan mempengaruhi keseimbangan hormon pada tubuh anda. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: