Nanas untuk ibu hamil, baik atau buruk?



Saat seorang wanita sedang hamil, maka ia harus tahu jenis makanan apa saja yang baik atau buruk untuk dikonsumsi. Misalnya saja nanas, apakah buah yang satu ini memang buruk seperti yang dibicarakan banyak orang? Simak penjelasan lengkapnya sebagaimana dilansir dari Boldsky (07/12/2012) berikut ini.

Kontraksi dini
Kehamilan di bulan pertama sebaiknya dipantau dengan baik dan jangan sampai mengonsumsi buah atau jus nanas secara berlebihan. Pasalnya nanas mengandung senyawa bromelain yang bersifat melemahkan serviks (leher rahim). Sehingga konsumsi berlebihan akan memicu kontraksi dini pada rahim.

Keguguran?
Untuk nanas muda, terutama yang warna kulitnya masih hijau, kandungan bromelain di dalamnya sangat banyak dan bukan cuma membuat leher rahim lemas, tetapi juga keguguran. Maka dari itu, wanita dalam masa awal kehamilan sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari sepenuhnya konsumsi nanas muda.

Masalah lain
Makan nanas terlalu banyak juga mampu menyebabkan diare dan penyakit maag. Sebab kandungan asam pada buah tropis tersebut memang cukup mengganggu perut yang sensitif. Ibu hamil yang menderita maag jelas membahayakan kondisi diri sendiri dan janinnya.

Meskipun nanas mengandung banyak vitamin C dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, ternyata wanita hamil justru tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Untuk lebih memastikan apakah Anda para wanita yang sedang hamil boleh menikmati nanas atau tidak, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Sebab kondisi antara satu orang dengan yang lain biasanya berbeda.


Subscribe to receive free email updates: