FSH tinggi menganggu kesuburan wanita



Follicle Stimulating Hormone, biasanya disebut sebagai FSH, adalah hormon yang secara langsung dapat mempengaruhi kemungkinan Anda hamil dan/atau mempertahankan kehamilan. Tingkat tubuh Anda memproduksi FSH berkorelasi dengan kualitas dan kuantitas telur yang tersisa. Normalnya, level FSH berkisar dibawah 10 mIU/ml.

FSH dihasilkan oleh kelenjar hipofisis (Pituitary Gland) yang merangsang ovarium untuk mengembangkan folikel setiap bulan. Ini dapat dianggap sebagai metafora pedal gas yang menyebabkan ovarium untuk berovulasi.

Faktor usia mempengaruhi, diatas umur 30 tahun, akan menjadi lebih sulit untuk ovarium untuk ovulasi karena pasokan telur yang berkurang sehingga tingkat hormon FSH meningkat (dalam rangka menekan pedal gas lebih) dari waktu ke waktu. Mengetahui tingkat FSH Anda adalah penting dalam memprediksi kesuburan Anda. Seiring kualitas telur dan kuantitas telur berkurang dengan bertambahnya usia, tubuh Anda mencoba untuk mengimbangi dan memproduksi lebih banyak FSH untuk merangsang fungsi ovarium. Hal ini umumnya terlihat pada wanita yang mengalami menopause dini atau wanita yang umurnya hampir mencapai masa menopause. Jadi pada wanita menderita gejala infertilitas ditandai dengan melonjaknya level FSH diluar batas normal.


Jika Anda menemukan bahwa Anda memiliki ketidakseimbangan FSH – ada beberapa herbal yang dapat membantu menyeimbangkan level tersebut. Femona adalah suplemen yang mengandung lepidium peruvianum, yang adaptogen yang memiliki efek pada sistem endokrin kita, menjaga agar hormon-hormon terjaga dalam keseimbangannya.


Subscribe to receive free email updates: