Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil




Tahukah anda mengapa saat hamil muda anda mengalami keputihan? Menurut whatotexpect.com, keputihan terjadi karena perubahan hormon wanita hamil yang meningkatkan produksi cairan vagina dan penurunan keasaman vagina. Kedua hal tersebut akhirnya memicu terjadinya keputihan.

Keputihan bisa terjadi secara normal dan abnormal. Apabila lendir keputihan yang keluar dari vagina itu berwarna bening dan tidak terlalu banyak, hal ini termasuk dalam kategori normal. Namun apabila yang terjadi adalah lendir keputihan keluar sangat banyak dan sering, apalagi berbau amis, nah anda perlu berhati-hati. Keputihan yang keluar secara berlebihan dapat mengganggu pertumbuhan si janin walaupun dalam prosentase kemungkinan yang sangat kecil. Keputihan yang berlebih tersebut biasanya terjadi akibat kuman yang bisa diatasi dengan obat sesuai resep dokter.

Nah, bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil? Anda harus lebih memperhatikan kebersihan vagina anda. Upayakan sering mengganti pakaian dalam anda. Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat agar are intim anda tidak lembab. Anda juga perlu untuk tidak menahan buang air kecil karena menahan buang air kecil akan menimbulkan resiko infeksi yang memungkinkan terjadinya keputihan.

Selain itu, hindari penggunaan panty liner karena akan menyebabkan bakteri dan kuman tumbuh dengan pesat di atas permukaan panty liner tersebut. Hindari penggunaan sabun vagina yang bersifat antiseptic, bersihkan saja dengan air yang mengalir. Hindari pul amandi atau berendam di air hangat karena jamur lebih suka tumbuh di tempat yang hangat. Terakhir, berkonsultasilah dengan dokter anda.

Subscribe to receive free email updates: