Apakah pil KB bisa untuk pancing kehamilan?



Banyak yang menyarankan kalau pil KB dapat memancing kehamilan, dengan cara sebagai berikut :

Minum pil KB hari ini, besoknya jangan meminum. Lakukan hal itu sampai satu bulan. Jika dalam satu bulan belum membuahkan hasil di bulan kedua jangan meminum Pil KB. Nah dibulan ketiga Anda minum lagi Pil KB dengan cara balik lagi seperti diawal pemakaian, selang-seling, mudah-mudahan  kehamilan itu akan datang pada Anda

Tapi benarkah hal itu memancing kehamilan? Jawabnya : Meminum pil KB sama sekali tidak membantu membuat seseorang untuk hamil tapi malah mengurangi keberhasilan untuk hamil. Pil KB 100% sebuah metode kontrasepsi dan tidak digunakan untuk memancing kehamilan.

Jika Anda mengalami ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan gangguan haid,  seperti haid tidak teratur, konsumsi pil  KB bisa—meski tidak selalu— membuat haid teratur sehingga pelepasan sel telur pun teratur. Keadaan ini membuat seorang perempuan berpotensi untuk dibuahi. Tapi, ini kecil sekali kemungkinannya. Ingat, untuk berhasilnya sebuah kehamilan, tetap 50% peranan suami dan 50% peranan istri. Jika ingin hamil, usahakan untuk berhubungan seks secara teratur, kenali kapan masa paling subur atau kira-kira kapan waktu ovulasi Anda, hindari stres atau tekanan-tekanan lainnya, dan biasakan untuk menjalani pola hidup yang sehat seperti menjaga asupan nutrisi dan olah raga secara teratur, jangan lupa cek ke dokter apa yang membuat anda dan pasangan sulit hamil barulah akan dicari jalan keluarnya.

Balik lagi ke masalah pil KB. Contoh Pil KB "A" berbentuk kemasan untuk dikonsumsi selama 28 hari. Terdiri dari 21 tablet pil berwarna kuning yang setiap tabletnya mengandung 0.15 mg Levonorgestrel (hormon Progestin) dan 0.03 mg Etinilestradiol (hormon Estrogen) dan 7 tablet salut gula berwarna putih yang tidak mengandung hormon. Bagaimana mekanisme kerjanya : Pil KB akan mencegah pelepasan sel telur yang telah diproduksi oleh indung telur sehingga tidak akan terjadi pembuahan. Hormon yang terkandung dalam pil KB Andalan akan memperkental lendir leher rahim sehingga mempersulit sel sperma masuk kedalam rahim. Hal ini berguna untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pembuahan dan kehamilan. Selain itu, Pil KB akan menebalkan dinding rahim, sehingga tidak akan siap untuk kehamilan.

Jadi intinya, Kontrasepsi menggunakan pil yang juga disebut kontrasepsi oral, tipenya adalah meminum pil yang mengandung hormon yang bisa mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur sehingga mencegah kehamilan. Maka bagi Anda yang belum punya momongan, dan berniat untuk cepat hamil, disarankan tidak ikut-ikutan minum pil KB untuk pancing kehamilan.


Terima kasih telah membaca ulasan ini, bagi Bunda yang punya masalah gangguan haid, ketidaksuburan bisa mencoba herbal  Femona, dan bagi pria bisa mencoba herbal Epimas, sedangkan kalau bila ada kista, miom, endometriosis bisa mencoba Hydroxygen Plus.

Subscribe to receive free email updates: