Apa sebenarnya Keputihan?



Dilansir dalam women.webmd.com, keputihan adalah suatu hal yang normal dialami. Setiap wanita di dunia ini, tidak perduli darimana mereka berasal atau dimana kedudukan mereka, pastilah mereka pernah merasakan yang namanya keputihan itu. Jika anda belum pernah mengalami keputihan seumur hidup anda, anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Hal ini dikarenakan adanya keputihan ini sebenarnya ikut membantu perawatan sistem reproduksi wanita. Seperti yang telah anda ketahui, pada saat anda mengalami keputihan, anda akan menjumpai cairan. Cairan ini diproduksi oleh kelenjar yang ada di dalam Mrs. V dan leher rahim anda. Pada saat cairan ini keluar, sel-sel mati dan bakteri yang ada di dalam kedua organ tersebut juga akan ikut keluar membantu anda mencegah infeksi-infeksi yang berbahaya.

Keputihan ini bisa datang kapan saja sesuai dengan siklus hormon anda. Warna dan baunya pun akan akan berbeda-beda. Contohnya adalah jika anda sedang berada dalam masa ovulasi, menyusui atau sedang merasa hot, keputihan anda akan lebih banyak keluar daripada pada saat-saat yang lain. Selain itu, pada saat anda hamil, anda akan merasa bahwa bau keputihan anda akan sedikit berbeda dengan hari-hari biasanya. Hal ini juga akan terjadi jika anda tidak rajin membersihkan organ vital anda.

Adanya keputihan ini tidak perlu ditakutkan. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, hal ini wajar sekali terjadi. Namun, jika keputihan anda Nampak tidak sewajar biasanya, anda mungkin akan perlu memeriksakan diri ke dokter yang anda percaya.

Subscribe to receive free email updates: