Makan pepaya saat hamil, aman atau tidak?



 Ketika Anda sedang hamil, Anda harus lebih cermat dalam memilih makanan. Ingat, tidak semua makanan bisa Anda konsumsi selama kehamilan. Kabarnya, pepaya adalah salah satu makanan yang harus dihindari saat hamil. Buah ini dipercaya dapat menyebabkan keguguran atau aborsi alami. Benarkah makan pepaya berbahaya bagi kehamilan? Yuk simak pemaparan dari Boldsky di bawah ini!

1. Makan pepaya muda

Pepaya muda tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Selain mengandung pepsins, ia juga memiliki papain yang dapat menurunkan pertumbuhan dan pengembangan janin. Dalam beberapa kasus, papain dapat menghentikan pertumbuhan dan kelangsungan hidup si jabang bayi. Papain bisa melemahkan membran penting yang mempengaruhi kelangsungan hidup janin.

2. Aborsi

Konsentrasi lateks dalam pepaya mentah dapat menyebabkan kontraksi rahim yang mengarah pada aborsi. Maka dari itu, para wanita dapat menggunakan pepaya muda sebagai kontrasepsi alami untuk menghindari kehamilan. Selain mencegah kehamilan, lateks juga menyebabkan perdarahan pada plasenta. wanita hamil yang makan pepaya muda lebih rentan terhadap persalinan dini atau kelahiran prematur.

3. Alergi

Banyak wanita mengalami alergi terhadap pepaya, terutama pada kandungan lateks. Seseorang yang mengalami alergi lateks akan mengalami kesulitan dalam mencerna pepaya. Alergi lateks juga dapat terjadi pada beberapa makanan lain, seperti pisang, gandum, dan apel.

Tanyakan pada dokter kandungan Anda, apa yang boleh dan tidak boleh dimakan selama kehamilan. Jangan hanya mendengar rumor belaka. Untuk menjaga kesehatan janin, maka sebaiknya mintalah dokter Anda untuk merumuskan menu sehat selama kehamilan.

Subscribe to receive free email updates: