Penderita kanker yang sembuh bisa cepat hamil?



Anda mungkin berpikir untuk membawa kehidupan baru ke tengah keluarga. Masalahnya, impian tersebut muncul ketika hidup Anda sendiri sedang di ujung tanduk. Kanker telah menggerogoti tubuh Anda dan kini Anda berharap bisa memiliki momongan. Mungkinkah Anda bisa memiliki anak segera setelah selamat dari kanker? Yuk simak pemaparan dari Boldsky.

1. Bisakah mantan penderita kanker cepat hamil?

Tidak ada alasan kenapa Anda tidak bisa hamil setelah menderita kanker, kecuali jika Anda mengalami kerusakan sistem reproduksi. Namun, sebaiknya pasien kanker harus memulihkan dulu kesehatannya agar bisa hamil dengan sehat.

2. Berapa lama Anda harus menunggu untuk hamil?

Biasanya, pasien kanker disarankan untuk menunggu setidaknya 6 bulan setelah perawatan kemoterapi selesai. Hal ini dikarenakan penyinaran yang dilakukan saat kemo bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mengakibatkan kerusakan genetik kehamilan.

3. Apa risikonya?

Kanker adalah penyakit fatal dan tubuh mengalami banyak trauma setelah perawatan. Ini jelas dapat melemahkan kesehatan Anda. Dengan demikian, jika ingin segera bisa hamil, lakukan kontrol kesehatan secara berkala ke dokter. Tanyakan bagaimana kondisi tubuh Anda dan apakah Anda sudah siap untuk hamil.

4. Apakah bayi Anda normal?

Setelah selamat dari kanker, Anda mungkin lebih berisiko memiliki bayi cacat genetis. Namun, jika Anda pernah mengalami jenis kanker, terutama kanker payudara, keturunan Anda tentu akan mengalami nasib yang sama.

Berkonsultasilah dengan ahli medis tentang kondisi Anda dan keinginan Anda untuk segera hamil. Anda tentu memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang ibu.

Subscribe to receive free email updates: