Paparan SFC pada ibu hamil sebabkan bayi obesitas



arang-barang rumah tangga yang mengandung bahan polutan, seperti jas hujan, alat mebel, dan alat-alat memasak bisa membuat bayi terlahir lebih kecil. Tak hanya itu, bayi juga rentan terkena obesitas saat tumbuh dewasa, seperti dilansir oleh Daily Mail (03/09/2012).

Pelakunya adalah kelompok bahan kimia lingkungan yang disebut senyawa plyfluoroakyl (PFC). Senyawa ini biasanya ditemukan dalam lapisan pelindung produk kemasan, pakaian, tekstil, furnitur, karpet, alat memasak, bahan pembersih, dan kosmetik.

Temuan ini didasarkan pada penelitian yang mengamati 447 wanita Inggris dan ibu hamil. Peneliti menemukan bahwa paparan bahan kimia yang tinggi membuat bayi terlahir lebih kecil. Namun dalam perkembangannya kemudian bayi akan menjadi lebih berat dan besar, salah satu tanda-tanda akan terjadinya obesitas pada anak.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Health Perspectives ini, peneliti mengukur paparan konsentrasi PFC pada ibu hamil dan mengalami kaitannya dengan bayi yang dilahirkan.

Sementara itu, penelitian sebelumnya menemukan bahwa ruang kantor berpotensi lebih beracun daripada udara dalam rumah. Peneliti menemukan bahwa konsentrasi PFC dalam darah karyawan lebih tinggi dibandingkan orang yang berada di rumah. PFC bisa terdapat pada karpet, furnitur, cat, dna lainnya.

Subscribe to receive free email updates: