Mendengkur saat hamil pertanda tekanan darah tinggi



Mendengkur saat masa awal kehamilan bisa menandakan gangguan pernapasan yang membuat wanita rentan terkena tekanan darah tinggi, ungkap sebuah penelitian. Tekanan darah tinggi tentu bisa mengakibatkan komplikasi serius pada ibu dan bayi.

Hal tersebut didapatkan melalui sebuah penelitian yang mengamati 1.700 wanita hamil selama 28 minggu kehamilan mereka. Para wanita ini diminta melaporkan apakah mereka mengalami kesulitan bernapas atau mendengkur saat tidur.

Hasilnya, sekitar 34 persen wanita mengaku mendengkur sekitar tiga sampai empat kali dalam seminggu. Sementara 25 persen wanita mengatakan mereka mendengkur saat awal kehamilan.

Di antara wanita yang mulai mendengkur saat masa awal kehamilan, sekitar 10 persen mengalami tekanan darah yang berkaitan dengan kehamilan. Sementara hal yang sama hanya terjadi pada 4,5 persen wanita yang tak mendengkur.

Ditambah lagi, 13 persen wanita yang mendengkur selama kehamilan diketahui memiliki preeclampsia, dibandingkan delapan persen pada wanita yang tidak mendengkur.

"Mendengkur dan masalah pernapasan ketika tidur berkaitan dengan munculnya peradangan yang pada akhirnya menyebabkan preeclampsia," jelas Louise O'Brien, profesor di University of Michigan's Sleep Disorders Center, seperti dilansir oleh NBC News (25/09/2012). "Gangguan pernapasan selama tidur juga bisa meningkatkan aktivitas saraf yang pada akhirnya menaikkan tekanan darah."

Hasil tersebut tetap sama bahkan ketika peneliti melibatkan faktor lain seperti usia wanita, kebiasaan merokok, dan pertambahan berat badan selama kehamilan.

Subscribe to receive free email updates: