Cara merawat bayi prematur



Bayi baru lahir membutuhkan perawatan khusus, terutama untuk bayi prematur. Anda harus lebih berhati-hati dalam merawat bayi prematur karena kondisinya yang lebih rentan dibanding mereka yang lahir normal. Berikut adalah beberapa faktor yang Anda butuhkan untuk merawat bayi prematur, seperti dilansir Boldsky.

1. Menyusui

Menyusui adalah cara terbaik untuk merawat kesehatan bayi. Namun, sebelum Anda menyusui bayi prematur, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Sistem pencernaan dan kontrol elektrolit dalam tubuh merupakan faktor-faktor yang menentukan kapan bayi siap untuk menelan ASI.

2. Memijat

Pijatan lembut dapat membantu mengembangkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sirkulasi darah, kondisi kulit dan pencernaan bayi prematur. Cara ini juga membantu bayi tumbuh dengan sehat.

3. Posisi tidur

Posisi tidur yang tepat sangat penting bagi bayi prematur. Bayi baru lahir membutuhkan banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan posisi baru mereka setelah keluar dari rahim. Pastikan bayi Anda memiliki posisi tidur yang tepat.

4. Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh dari bayi prematur tidak begitu kuat. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati dengan bayi Anda. Bahkan, infeksi ringan saja bisa berakibat fatal pada bayi.

5. Periksa rutin

Anda harus memeriksakan kondisi bayi Anda secara rutin ke dokter. Lakukan ceck up rutin pada bayi untuk memastikan bahwa ia tidak mengalami infeksi atau masalah kesehatan lainnya.

Bayi prematur memiliki fisik yang lebih lemah dibanding mereka yang dilahirkan normal 9 bulan. Maka dari itu, bayi prematur butuh penanganan khusus yang lebih teliti dan hati-hati.

Subscribe to receive free email updates: