Kenali Tanda Kehamilan Palsu Agar Tidak Terkecoh!




Ternyata ada tanda kehamilan palsu yang bisa saja dialami seorang perempuan. Mengira dirinya hamil, padahal tidak. Apa saja tanda-tandanya?

Hamil palsu, mungkin kamu sering mendengar istilah tersebut. Ya, hamil palsu atau pseudopregnancy memang bisa terjadi pada seorang perempuan. Dan gejalanya bisa sangat mirip dengan tanda kehamilan pada umumnya. Menurut Womenshealth, pseudopregnancy adalah kondisi ketika seorang wanita yang tidak hamil merasa dirinya hamil, meski tidak ada bukti fisik atas kehamilannya.

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang bisa menjelaskan sepenuhnya penyebab wanita mengalami tanda kehamilan palsu. Tapi para ahli percaya penyebab utama disebabkan oleh masalah emosional dan psikogis. Ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh stres dan kecemasan yang berlebihan pada seorang perempuan yang ingin sekali hamil bisa menyebabkan perubahan emosi dan psikologis.

Usia 40 Lebih Beresiko

Kebanyakan kasus hamil palsu dialami oleh para wanita menjelang usia 40 yang belum pernah hamil. Selain itu, kondisi hamil palsu juga kerap terjadi pada ibu yang pernah mengalami keguguran pada kehamilan sebelumnya sehingga sangat ingin untuk bisa hamil lagi.

Lingkungan juga menjadi penyebab seorang wanita beranggapan dirinya sedang hamil. Berada di lingkungan yang banyak ibu hamil, bisa membuat seorang perempuan jadi lebih stres dan cemas berlebihan memikirkan kehamilan yang kunjung tiba.

Gejala Hamil Palsu

Seorang wanita yang mengalami hamil palsu akan merasakan tanda kehamilan yang sama seperti ibu hamil pada umumnya. Tanda kehamilan seperti terlambat menstruasi, memang bisa menjadi patokan tanda kehamilan. Tapi jika siklus mentruasimu tidak teratur, terlambat menstruasi tidak bisa dijadikan tanda bahwa kamu sedang hamil. Tanda kehamilan lain adalah payudara terasa nyeri.  Dan pada wanita yang mengalami hamil palsu, juga merasakan sakit pada payudara. Padahal bisa jadi payudara sedikit nyeri dan membesar di hari-hari menjelang menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya adalah: Perut kembung, morning sickness, dan berat badan naik. Sebaiknya untuk menguji kebenaran apakah kamu hamil atau tidak, disarankan untuk melakukan test pack atau segera berkonsultasi ke dokter. Dengan cara  ini, kamu bisa mengetahui dengan cepat dan akurat, apakah tanda kehamilan yang dirasakan merupakan tanda kehamilan yang nyata atau hanya sugesti saja dan mengakibatkan emosimu jadi labil.

Subscribe to receive free email updates: