Toksoplasmosis dan cara penanganannya


Apakah toksoplasmosis ?

Toxoplasmosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit toxoplasma gondii. Pada umumnya, parasit ini menyerang mamalia yang berdarah hangat termasuk manusia, kucing, domba dan babi.

Apakah penyebab tokso ?

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terserang tokso, diantaranya:

  1.  Tangan yang menyentuh mulut setelah berkebun, membersihkan tempat kucing termasuk kontak dengan feses/tinja kucing.
  2.  Mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang, diantaranya daging babi,domba dan rusa.
  3.  Tangan yang menyentuh mulut setelah kontak langsung dengan daging mentah atau setengah matang.
  4. Transplantasi atau transfusi organ (walaupun ini termasuk kasus yang jarang terjadi).

Tanda-tanda terinfeksi tokso

Pada dasarnya infeksi akan terjadi ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Secara umum orang tidak mengetahui jika dirinya telah terinfeksi tokso. Namun biasanya gejalanya mirip dengan sakit flu, mulai dari pembengkakan kelenjar getah bening, hingga otot badan yang terasa pegal atau nyeri dalam hitungan hari ataupun beberapa minggu. Namun jika anda memiliki imunitas tubuh yang normal, anda tidak akan terinfeksi kembali.

Tokso dan Ibu hamil

Walaupun dampaknya tidak langsung kepada sang Ibu, namun calon bayi berada dalam resiko yang besar jika terdeteksi positif tokso.

NIH (U.S National Institute of Health) memaparkan bahwa Ibu hamil yang baru terinfeksi tokso memiliki 40% kemungkinan untuk meneruskan parasit tersebut kepada calon bayi. Sebaliknya, wanita yang terinfeksi tokso lebih dari 6 bulan sebelum hamil, kemungkinan besar anak mereka tidak akan terinfeksi.
Bayi yang baru lahir dan terdeteksi tokso biasanya tidak akan langsung menunjukkan kelainan walaupun sebagian kecil lahir dengan kerusakan pada bagian penglihatan dan otak.

Menghindari Tokso

Penyakit ini memang terdengar sangat menyeramkan, namun jangan kuatir. Berikut ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti guna hidup lebih sehat dan tanpa harus menyingkirkan kucing anda dari rumah.

  1. Jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sebaiknya anda tes tokso melalui tes darah di laboratorium. Jika hasil tes ternyata positif, dokter anda dapat memberi bantuan termasuk obat-obatan yang sekiranya dapat mencegah agar infeksi tidak kembali aktif.
  2.  Jika anda memiliki rencana untuk hamil, sebaiknya anda tes tokso. Jika hasilnya positif, jangan kuatir akan meneruskan penyakit tersebut ke bayi anda karena seharusnya anda sudah memiliki kekebalan tubuh terhadap parasit tersebut.
  3.  Jika anda sedang mengandung, sebaiknya anda mengkonsultasikan bahaya toksoplasma dengan dokter anda yang kemudian dilanjutkan dengan pengambilan darah untuk di tes.
  4.  Gunakan sarung tangan saat berkebun, memegang tanah atau membersihkan box kucing.
  5.  Cuci tangan anda dengan baik dan bersih menggunakan sabun setelah beraktifitas diluar sebelum makan ataupun memegang makanan.
  6. Jika tidak ada orang lain yang dapat kontak langsung dengan daging mentah, sebaikanya anda menggunakan sarung tangan dan cuci bersih seluruh peralatan dapur yang menyentuh daging mentah termasuk pisau dan talenan. Setelah itu, cuci tangan anda dengan sabun dan air hangat.
  7. Masak daging hingga matang, terutama daging sapi dan babi.

Perhatikan kesehatan kucing anda

Ada beberapa langkah yang dapat anda ikuti jika tetap ingin memelihara kucing, diantaranya:

  1. Memberikan makanan kaleng kucing atau makanan kering dan biarkan kucing berada di dalam ruangan.
  2. Kucing yang berada diluar rumah dan mengkonsumsi daging mentah, seperti binatang mengunggis (tikus, kelinci dsb) ataupun burung dapat terinfeksi parasit tersebut. Oleh sebab itu, jangan biarkan kucing anda tersebut masuk ke dalam ruang tidur atau bersentuhan dengan bantal maupun furniture lainnya.
  3. Sebaiknya orang yang sehat dan tidak hamil membersihkan box kucing (litter tray) tempat buang air kecil ataupun besar, membersihkan/menggantinya setiap hari, gunakan sarung tangan dan setelah itu cuci tangan anda dengan sabun dan air hangat hingga bersih.
  4. Dokter hewan anda dapat menjalakan sebuah tes yang menunjukkan apabila kucing anda terinfeksi parasit tersebut.

Pengobatan terhadap tokso

Anda dan dokter anda dapat berdiskusi lebih jauh jika telah terbukti adanya penyakit tokso. Bagi orang yang sehat dan tidak hamil, perawatan tidak diperlukan karena biasanya gejala tokso akan hilang dalam beberapa minggu.

Bagi wanita hamil atau orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, tersedia obat-obatan yang dapat mengobati parasit penyebab penyakit tokso.

Obat Toksoplasmosis Alami

Obat Anti Parasit yang terdiri dari Wormwood, Black Walnut Hull, dan Clove merupakan kombinasi herbal yang ampuh untuk membunuh parasit, baik telur  maupun parasit yang sudah dewasa. 

Penderita Toksoplasmosis akan mendapat manfaat yang lebih, bila mengonsumsi 3 herbal ini, karena bukan saja membunuh parasit tapi juga memperkuat sistem pencernaan dan hati.

Bisa ditambahkan Hydroxygen Plus untuk menekan pertumbuhan parasit dan meningkatkan status kesehatan penderita.

Untuk order Produk bisa menghubungi : 021.26.249.248- 0813.8610.8089

Subscribe to receive free email updates: