Ternyata, pria juga bisa alami sindrom kehamilan


Sindrom kehamilan yang dialami oleh calon ibu, mulai dari mual di pagi hari, kelelahan, perubahan mood, dan banyak hal lain mungkin sudah biasa terjadi. Namun, apakah Anda tahu bahwa tak hanya calon ibu yang bisa mengalami sindrom ini? Suami dan calon ayah juga bisa mengalaminya juga.

Meskipun pria tidak mengandung selama sembilan bulan, namun mengetahui istri mereka sedang hamil akan mengubah perilaku mereka. Mari kita lihat bagaimana sindrom kehamilan yang bisa dialami oleh pria, seperti dilansir oleh Boldsky berikut ini.

1. Gejala kehamilan
Terkadang, selama istri mereka mengandung, pria juga bisa mengalami gejala-gejala seperti mual, mood yang berubah-ubah, dan berat badan yang bertambah. Ini disebut sebagai symphatetic pregnancy. Mereka bisa menambah berat badan karena setiap kali khawatir mereka akan menambah porsi makan. Meskipun tak terlalu kelihatan, pria sebenarnya juga merasakan 'kehamilan' yang dialami oleh istri mereka.

2. Rencana B
Setelah mengetahui bahwa mereka akan menjadi ayah, terutama jika kehamilan tersebut tidak direncanakan, akan membuat banyak pria gugup. Mereka akan memikirkan rencana B. Rencana B bisa jadi rencana tambahan yang belum benar-benar mereka pikirkan seperti berganti pekerjaan, merencanakan membeli kendaraan pribadi, rumah yang lebih besar, atau rencana masa depan lain demi anak mereka.

3. Membaca dan meneliti
Tak banyak pria yang sering membaca dan belajar tentang sesuatu, kecuali jika mereka sangat menyukainya. Namun, kehamilan akan membuat mereka banyak membaca, mempelajari, dan menambah pengetahuan mengenai kehamilan dan kelahiran. Mereka melakukannya seolah-olah mereka sendiri yang sedang hamil.

4. Sabar dan mengayomi
Pria yang ikut merasakan kehamilan terlihat lebih seperti orang tua. Mereka mulai menjadi sabar dengan semua keluhan yang dialami istrinya. Ini karena mereka mengerti dan merasakan hal yang sama. Mereka juga akan semakin perhatian pada calon ibu dan bayinya. Mereka akan membawakan makanan, membantu istri tidur, atau minum obat. Di saat seperti ini, istri akan merasa sangat diperhatikan dan aman.

5. Depresi dan cemburu
Terkadang pria juga bisa merasa depresi ketika mengetahui ada bayi yang akan lahir. Mereka memikirkan tanggung jawab yang akan mereka emban ketika si bayi lahir. Mereka harus berhenti bertingkah seenaknya sendiri dan berusaha menjadi ayah yang baik dan bertanggung jawab. Para pria juga biasanya merasa cemburu pada calon bayi yang sudah mendapatkan banyak kasih sayang bahkan sebelum dilahirkan.

Itulah beberapa sindrom kehamilan yang juga dialami oleh pria. Jangan kaget jika suami tiba-tiba bertingkah aneh selama kehamilan, karena itu hanya berarti bahwa dia ikut merasakan apa yang dirasakan oleh istri mereka. Memiliki bayi memang bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan bagi kedua calon orang tua. Jadi semua ini adalah hal yang wajar dan bisa diatasi bersama-sama.

Subscribe to receive free email updates: