Sup kaya vitamin E cegah asma pada janin



Para ilmuwan berpikir untuk menambahkan vitamin E ke dalam semangkuk sup hangat dan memberikannya pada ibu hamil. Mereka sedang meneliti, apakah itu bisa membantu mencegah asma pada bayi yang dilahirkan.

Profesor Graham Devereux, seorang ahli pernafasan di Aberdeen Royal Infirmary, merekrut 50 ibu hamil untuk makan tiga kaleng sup per minggu.

Mereka dibagi dalam dua kelompok dan diberi jenis sup yang berbeda. Salah satu kelompok akan diberi sup, yang telah ditambahkan beberapa komponen seperti tomat kering, minyak bunga matahari, dan gandum.

Selama masa penelitian, kesehatan semua ibu hamil akan dipantau oleh ilmuwan. Kemudian saat bayi-bayi itu lahir, fungsi paru-paru bayi akan diukur untuk tanda-tanda awal asma.

Untuk memproduksi sup sehat ini, para ilmuwan bekerja sama dengan Baxters, sebuah perusahaan makanan dari Skotlandia.

"Tampaknya lebih alami untuk memberikan vitamin E dalam bentuk makanan daripada pil. Dan, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengurangi prevalensi asma dengan aman," kata Profesor Graham, seperti dilansir Daily Mail, Kamis, (6/9/2012).

Pada tahun 1990-an, sebuah studi besar mengamati pola makan para ibu hamil. Hasilnya menunjukkan bahwa ibu hamil yang kekurangan vitamin E, lebih berisiko memiliki bayi terjangkit asma pada usia lima tahun.

Subscribe to receive free email updates: