Siapa yang Wajib Ikut Test TORCH

Anda wanita yang hobi makan makanan mentah serta memelihara hewan? Jika iya, maka sebaiknya anda melakukan tes Toksoplasma, Rubela, Cytomegalovirus/CMV dan Herpes simplex (TORCH). Mengapa pemeriksaan ini wajib?

TORCH adalah sekelompok infeksi yang dapat ditularkan dari perempuan hamil kepada bayinya. Perempuan yang terinfeksi selama masa kehamilan memiliki risiko tinggi menularkankan ke janin yang bisa berakibat fatal, yakni cacat pada janin atau bahkan kematian.

dr Yuditia Purwosunu, SpOG (K) dari divisi Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI mengatakan tidak semua perempuan perlu tes TORCH. Ia mengatakan ada 3 kelompok perempuan yang diwajibkan untuk melakukan tes TORCH.

"Pertama adalah perempuan yang gemar mengonsumsi sayuran mentah seperti salad atau karedok, lalu perempuan yang senang mengonsumsi daging yang tidak dimasak sempurna atau setengah matang, dan terakhir perempuan yang suka memelihara binatang seperti kucing dan anjing," ujarnya beberapa waktu lalu seperti yang ditulis detikhealth pada Rabu (4/12/2013).

Sementara itu, drh. Wiwiek Bagja selaku Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, mengatakan bahwa calon ibu
yang tinggal di lingkungan kotor dan banyak kucing harus melakukan tes. Menurutnya, para calon ibu tersebut harus tes bahkan ketika merencanakan kehamilan, karena jika tidak bisa berakibat fatal.

"Jangan tunggu keguguran dulu baru tes," ujarnya.

Dihubungi terpisah, drh. Olan Sebastian, MM dari Ikatan Alumni Kedokteran Hewan IPB, mengatakan kalau tes TORCH harus dilakukan sedini mungkin, untuk mencegah virus-virus yang berbahaya bagi ibu dan janin, terutama virus toksoplasma. Ia mengatakan kalau virus itu tidak diatasi sejak awal, maka perkembangan janin akan terganggu.

"Karena seiring dengan berkembangnya plasenta, virus itu akan makin subur. Akibatnya di usia kandungan lima atau enam bulan bobot ibu tidak akan bertambah. Bahkan ketika usia kandungan delapan bulan, janin bisa meninggal di dalam kandungan," paparnya.

Sebelum hal itu terjadi, drh. Olan menyarankan untuk melakukan tes TORCH sebelum terjadinya kehamilan. Karena jika hasil tesnya positif, si calon ibu bisa langsung ditangani oleh dokter untuk pengobatan./detik

OBAT PARASIT TOKSOPLASMA ALAMI

Obat Anti Parasit yang terdiri dari Wormwood, Black Walnut Hull, dan Clove merupakan kombinasi herbal yang ampuh untuk membunuh parasit, baik telur  maupun parasit yang sudah dewasa. 

Penderita Toksoplasmosis akan mendapat manfaat yang lebih, bila mengonsumsi 3 herbal ini, karena bukan saja membunuh parasit tapi juga memperkuat sistem pencernaan dan hati.

Bisa ditambahkan Hydroxygen Plus untuk menekan pertumbuhan parasit dan meningkatkan daya tahan tubuh dan status kesehatan penderita.

Untuk order Produk bisa menghubungi : 021.26.249.248- 0813.8610.8089


Subscribe to receive free email updates: