Nutrisi bagi ibu hamil yang bekerja



Banyak saran bagi para ibu hamil untuk makan dalam porsi ganda karena ia memberi makan untuk dua orang sekaligus. Namun bagaimana dengan ibu hamil yang juga bekerja, apakah mereka harus mengonsumsi porsi makan tiga kali lipat? Ibu hamil tidak perlu makan sebanyak-banyaknya, akan tetapi makan sesuai porsi dan tetap mengandung nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Simak penjelasan lengkap mengenai nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil yang bekerja seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Pentingnya nutrisi bagi ibu hamil
Ibu hamil membutuhkan asupan 300 kalori lebih banyak setiap harinya. Oleh sebab itu jika Anda dalam kondisi hamil dan tetap bekerja, sebaiknya bawa makanan kecil sebagai konsumsi tambahan apabila merasa makanan pokok dinilai kurang dalam memenuhi nutrisi. Ibu hamil diperbolehkan bekerja, asalkan Anda tetap menjaga jatah tidur delapan sampai sembilan jam setiap hari.

Hal yang sebaiknya dilakukan ibu hamil
Ibu hamil yang bekerja dianjurkan untuk mengonsumsi empat sehat lima sempurna, makanan ringan yang tetap bergizi, minum air putih yang banyak, mengonsumsi suplemen, memperbanyak konsumsi protein, rutin makan buah-buahan segar yang berwarna, dan sayuran yang juga berwarna untuk menu makan sehari-hari.

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan
Ibu hamil juga dilarang untuk memakan makanan setengah matang, alkohol dan obat-obatan terlarang, kafein, menghisap rokok, makanan kalengan, dan pepaya. Pepaya disinyalir sebagai pemicu nyeri saat proses persalinan. Jika ingin mengonsumsi vitamin, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Makanan yang bernutrisi
Asam folat, zat besi, dan kalsium merupakan tiga elemen penting yang harus selalu dijaga asupannya oleh ibu hamil, terutama jika mereka aktif bekerja. Asam folat membantu meningkatkan berat badan janin. Zat besi berfungsi untuk mencegah anemia. Sementara kalsium baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Makanan ringan ibu hamil
Beberapa jenis makanan ringan kaya nutrisi yang bisa dinikmati oleh ibu hamil ketika sedang bekerja adalah salad buah dan sayuran, jus, cokelat, dan juga sandwich.

Contoh menu makanan ibu hamil
Bangun pagi pukul 06.30: Segelas teh dengan dua buah biskuit.
Sarapan pukul 08.00: Susu, sereal, dua atau tiga buah segar.
Makan siang pukul 12.30: Roti, sayuran, dan keju.
Snack sore pukul 16.00: Segelas teh dan dua biskuit, dilanjutkan segelas susu pada pukul 18.00.
Makan malam pukul 20.00: Roti, sayuran, keju, dan makanan yang manis.
Sebelum tidur pukul 22.00: Susu dengan ukuran gelas yang lebih besar.

Menu di atas digunakan untuk ibu hamil vegetarian. Jika Anda buka seorang vegetarian, maka Anda bisa mengganti menu makan siang dan makan malam dengan telur, ayam, daging kambing atau sapi, dan juga ikan.

Meskipun Anda sedang hamil, jangan takur untuk tetap beraktifitas dan melakukan pekerjaan seperti biasanya, karena Anda akan tetap sehat dan bugar jika rajin memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh Anda sendiri dan juga bagi janin

Subscribe to receive free email updates: