Makanan Dihubungkan Dengan Kehamilan



Berawal dari makanan yang kita santap, semuanya akan berpengaruh pada hormon dan aliran darah. Untuk Anda yang berniat hamil, urusan diet atau pemilihan makanan dan minuman yang tepat menjadi penting karena terkait dengan kesuburan. Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang bikin cepat hamil:

Batasi kafein

Kafein dapat memengaruhi kesuburan masih menjadi perdebatan. Umumnya, para pakar sepakat bahwa konsumsi kafein dalam kadar rendah hingga sedang (kurang dari 300 mg sehari atau sekitar dua cangkir kopi) tidak akan memengaruhi kesuburan.

Namun, bila Anda masih bermasalah dengan kesuburan, tak ada salahnya untuk mulai mengurangi asupan kafein. Apalagi, jika memang berniat untuk melakukan proses bayi tabung. Kafein akan memperlambat aliran darah ke ke uterus yang akhirnya mengganggu proses reproduksi.

Makanan Dihubungkan Dengan Kehamilan

Karbohidrat

Karbohidrat yang mudah dicerna seperti pasta, nasi putih, hingga roti putih ternyata dapat berpengaruh dengan urusan kesuburan. Memang, makanan tersebut tak langsung menurunkan peluang hamil. Namun, jenis karbo itu akan berdampak pada metabolisme tubuh.

Proses pengolahan karbo itu setidaknya menghapuskan 17 gizi utama dari gandum. Beberapa di antaranya malah mampu memacu fertilitas seperti antioksidan, vitamin B, dan besi. Seorang perempuan yang berusaha hamil seharusnya malah memenuhi kebutuhan dietnya dengan menyantap makanan bergizi tinggi sebanyak mungkin. Maka, diet gandum adalah cara yang tepat untuk memulai.

Disarankan untuk menyantap 170 gram gandum setiap hari atau setara dengan semangkuk sereal untuks arapan, setangkup roti gandum saat makan siang atau pasta berbahan gandum untuk makan malam.

Jika Anda mengalami masalah dengan ovarium -masalah ketaksuburan bagi sebagian besar perempuan– menyantap gandum menjadi penting. Ini karena karbo yang mudah dicerna seperti nasi putih justru akan meningkatkan kadar insulin yang pada akhirnya mengganggu ovulasi

Subscribe to receive free email updates: