Benarkah olahraga bisa mencegah kehamilan?

Wanita hamil disarankan untuk melakukan olahraga ringan secara rutin, misalnya, berenang atau jalan santai. Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Ada beberapa olahraga yang malah membuat Anda keguguran seperti melompat dan berlari. Apakah olahraga bisa mencegah kehamilan? Pertanyaan ini seringkali bertamu di benak kaum wanita. Maklum saja, tubuh wanita tergolong sangat sensitif. Simak jawaban dari Boldsky.com berikut ini.

1. Olahraga tidak terkait dengan masalah infertilitas atau kesuburan.

2. Latihan fisik ringan tidak mempengaruhi sistem reproduksi Anda. Misalnya, berjalan atau berenang adalah latihan yang sehat sebelum dan sesudah Anda hamil.

3. Olahraga sangat baik untuk mengatasi keluhan menstruasi. Namun, olahraga angkat besi saat menstruasi dapat menghentikan masa subur atau ovulasi Anda.

4. Olahraga berat seperti mengangkat dumbel atau push up mempengaruhi siklus ovulasi atau masa subur. Latihan-latihan semacam ini juga merusak dan melemahkan rahim, sehingga itu dapat mencegah kehamilan. Hindari jenis olahraga yang menekan perut Anda.

5. Olahraga mungkin tidak menjadi alasan di balik ketidakhamilan Anda. Mungkin Anda menderita beberapa masalah lain dalam sistem reproduksi. Konsultasikan dengan dokter dan cari tahu penyebabnya.

6. Masalah jumlah sperma juga perlu dipertimbangkan. Jika Anda mencoba untuk hamil, Anda harus memiliki jumlah sperma yang cukup baik untuk memudahkan proses pembuahan terjadi. Jika ada keluhan terkait kesehatan reproduksi pasangan Anda, segera konsultasikan dengan dokter.

Itulah kesimpulan dari "Apakah olahraga bisa mencegah kehamilan?" Lakukan olahraga ringan secara teratur dan konsumsi makanan sehat agar tubuh selalu fit. Bercinta dengan pasangan merupakan salah satu olahraga terbaik untuk Anda

Subscribe to receive free email updates: