17 Tanda Tanda Kehamilan


Terlambat haid bukanlah satu-satunya tanda awal kehamilan. Bahkan, ketika Anda menganggap diri Anda masih haid sekalipun, bukan berarti saat itu Anda sedang tidak hamil. Lalu, apa saja tanda awal kehamilan khusus yang menunjukkan kalau Anda benar-benar hamil?

 Melissa Goist, M.D, clinical assistant professor kebidanan dan kandungan di Ohio State University Medical Center, mengatakan, segera setelah terjadi pembuahan, tubuh Anda akan memproduksi sejumlah hormon kehamilan. Hormon-hormon inilah yang bertanggung jawab pada beberapa perubahan kondisi fisik Anda, bahkan sebelum kehamilan Anda terdeteksi oleh test pack. Coba Anda cek 17 tanda awal kehamilan di bawah ini. Bila 10 diantaranya Anda alami, bisa jadi Anda memang benar-benar hamil:

  1. Payudara bengkak. Memakai bra terasa seperti siksaan, karena payudara tiba-tiba  membesar dan terasa nyeri jika disentuh. Ditambah lagi, warna areola yang lebih gelap dari biasanya 
  2. Sering lelah. Biasanya, Anda sanggup membaca beberapa bab novel favorit Anda sebelum tidur. Tapi sekarang, Anda tak sanggup membaca satu halaman pun.
  3.  Mual. Setiap pagi, Anda bangun dengan perut mual dan perasaan ingin muntah. Seringkali, rasa mual berlangsung sepanjang hari.
  4. Sering buang air kecil. Tidur malam terganggu, karena selalu terbangun untuk pergi ke toilet.
  5. Sakit kepala. Tiba-tiba saja, Anda sering mengeluh sakit kepala. Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat pereda sakit kepala, pilih yang mengandung acetaminophen yang lebih aman untuk kehamilan dibanding ibuprofen.
  6. Sakit punggung. Biasanya, Anda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Anda benar hamil, gangguan ini akan menetap hingga melahirkan kelak.
  7. Perut kram. Perut terasa kembung dan kram, gejala yang biasa Anda rasakan menjelang haid. Anda menduga ini hanyalah salah satu dari gejala PMS setiap bulannya.
  8. Ngidam atau menolak makanan tertentu. Tanpa alasan yang jelas, mendadak Anda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Anda. Atau sebaliknya, Anda tiba-tiba tak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kegemaran Anda.
  9. Sembelit dan kembung. Skinny jeans yang tadinya baik-baik saja, kini terasa sempit (terutama di bagian perut!). Sembelit dan kembung yang Anda rasakan belakangan ini juga membuat perut buncit.
  10. Perubahan mood . Tanpa alasan yang jelas, Anda suka marah-marah pada suami. Di lain waktu, Anda menangis tanpa sebab. Perasaan Anda minggu ini naik turun seperti rollercoaster.
  11.     Peningkatan suhu tubuh. Umumnya, suhu tubuh Anda di pagi hari saat bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apapun sekitar 35,5 – 36°C. Suhu ini akan meningkat menjadi 37 – 38°C saat masa subur (kurang lebih selama 2 atau 3 hari). Anda patut curiga Anda hamil, ketika suhu tubuh terus meningkat. Padahal, masa subur telah lewat.
  12. Sensitif pada bau. Anda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Saking tak tahannya, bau tertentu bisa membuat Anda mual dan muntah!
  13. Pusing dan pingsan. Anda tiba-tiba merasa pusing, yang diikuti dengan rasa ringan dan melayang.
  14. Vlek. Ada vlek. Rasanya sih, bukan haid, karena cuma terjadi sesekali dan sangat sedikit.
  15. Gejala PMS. Anda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Anda rasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga, ya?
  16. Positif tes kehamilan. Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya Anda benar-benar hamil? Belum tentu! Anda baru akan mendapat jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.
  17. Ada janin yang berkembang di dalam rahim Anda Pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan? Selamat! Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin

Subscribe to receive free email updates: