Awasi berat badan selama masa kehamilan!


Berat badan wanita pasti bertambah selama masa kehamilan. Meskipun demikian, pertambahan itu perlu diawasi demi kesehatan ibu dan janin. Simak tips menjaga berat badan selama masa kehamilan selengkapnya seperti yang dilansir dari Boldsky (16/08/2012).

Ngemil selama hamil
Ketika hamil, wanita akan suka mengonsumsi makanan ringan tertentu, misalnya cokelat, gorengan, dan makanan pedas. Tentunya makanan tersebut tidak terlalu sehat jika dinikmati berlebihan. Jadi meskipun keinginan untuk ngemil sangat kuat, tetap batasi asupan makanan tidak sehat tersebut demi mengontrol berat badan.

Berat rata-rata saat hamil
Beberapa wanita tidak tahu berapa berat badan yang seharusnya mereka jaga selama hamil. Untuk wanita normal, rata-rata berat mereka bertambah sebanyak 12-14 kg saat hamil. Sementara wanita yang sebelumnya sudah kelebihan berat badan, ada aturan tersendiri yang bisa diketahui dari dokter kandungan.

Penambahan berat badan berkala
Meskipun wanita hamil bisa meningkatkan berat badan sampai 14 kg, bukan berarti Anda langsung mengalaminya di bulan-bulan pertama kehamilan. Berat badan yang bertambah biasanya berkala setiap bulan. Memang tidak ada aturan tertentu, namun perhatikan rata-rata penambahan berat badan agar sesuai dengan yang dianjurkan.

Menghentikan rutinitas
Bagi kebanyakan wanita, masa kehamilan adalah hari libur dari bekerja maupun olahraga. Padahal mereka tetap bisa berolahraga demi menjaga berat badan yang ideal. Ada baiknya jika Anda tetap melakukan aktivitas fisik meskipun sedang hamil. Namun ingat, jangan terlalu memaksakan diri jika memang kondisi kesehatan tengah bermasalah.

Demikian berbagai cara mengontrol berat badan selama masa kehamilan. Apakah selama hamil Anda para wanita selalu melakukannya?

Subscribe to receive free email updates: