5 Aktivitas yang harus dihindari wanita hamil


Wanita hamil memerlukan perawatan ekstra, baik dari segi makanan yang dikonsumsi maupun kegiatan yang dilakukan. Bukan berarti wanita hamil harus bersikap pasif dan tak banyak melakukan kegiatan, namun ada hal-hal tertentu yang sebaiknya dihindari saat hamil. Berikut adalah daftarnya, seperti dilansir oleh Health Me Up (22/08/2012).

1. Membawa barang berat
Tanyakan pada dokter kandungan berapa berat maksimal yang boleh dibawa selama tiga bulan pertama. Wanita hamil mudah merasakan sakit punggung karena bayi yang tumbuh di perutnya. Untuk menghindari sakit punggung yang semakin parah, wanita hamil harus menghindari membawa barang berat seperti balita, mengangkat air dalam ember, belanjaan yang berat, atau tabung gas.

2. Produk dengan bahan kimia berbahaya
Jangan terlalu banyak menggunakan produk yang mengandung bahan kimia, seperti pembersih porselen, pestisida, atau obat pembasmi serangga. Untuk membersihkan benda-benda, wanita hamil bisa menggunakan bahan alami seperti cuka atau baking soda. Jika terpaksa menggunakan produk berbahan kimia, lebih baik jangan menggunakannya terlalu sering dan gunakan dengan perlengkapan untuk melindungi paparan bahan kimia.

3. Jangan sentuh kotoran kucing
Saat hamil, lebih baik serahkan urusan kebersihan hewan peliharaan pada orang lain. Kotoran kucing mengandung parasit yang bisa menyebarkan infeksi toxoplasmosis. Infeksi ini tak berbahaya bagi ibu hamil, tetapi bisa sangat mematikan bagi janin yang dikandungnya.

4. Jangan memanjat
Memanjat tangga atau menaiki benda-benda tertentu sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Ini karena adanya kemungkinan kehilangan keseimbangan dan jatuh saat memanjat. Apapun alasannya, lebih baik minta bantuan orang lain ketika harus memanjat sesuatu, seperti ketika ingin mengganti bola lampu atau mengambil barang di tempat yang tinggi.

5. Jangan membungkuk terlalu lama
Baik itu ketika tidur, menyapu, membersihkan sampah, mencuci baju, hindari membungkuk terlalu lama. Ini akan mempengaruhi punggung.

6. Jangan berdiri terlalu lama
Hindari kegiatan yang mengharuskan berdiri terlalu lama. Berdiri terlalu lama akan menambahkan beban pada bagian bawah tubuh, terutama kaki. Ini bisa menyebabkan kaki bengkak.

Sebenarnya melakukan kegiatan di rumah baik dilakukan wanita hamil agar tetap aktif. Namun kegiatan-kegiatan yang berisiko tetap harus diwaspadai dan dihindari demi keselamatan dan kesehatan ibu hamil dan calon buah hati.

Subscribe to receive free email updates: