Risiko hamil di usia senja

Menjadi ibu ketika telah menginjak usia 35 tahun atau lebih mungkin secara emosional dinilai telah mampu untuk menjadi orang tua. Namun dari sisi kesehatan, amankah seorang wanita hamil dan melahirkan di usia senja? Simak selengkapnya tentang beberapa hal yang sering ditanyakan mengenai kasus tersebut seperti yang dilansir dari India Times (12/03/2012) berikut ini.

Ilmu pengetahuan dan teknologi
Adanya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat wanita di atas usia 35 tahun mampu hamil dan melahirkan dalam kondisi yang sehat. Oleh sebab itu perawatan sebelum, selama, dan setelah melahirkan sebaiknya dilakukan bagi para calon ibu berusia senja agar risiko yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Penundaan kehamilan
Kebanyakan wanita yang memutuskan untuk hamil di usia 35 tahun ke atas disebabkan oleh keinginan menuntut ilmu atau karir yang lebih tinggi. Mereka telah menyiapkan segala sesuatu sebelum kehadiran anak, sehingga tidak akan ada hal yang perlu dikhawatirkan saat anak lahir, misalnya tentang masalah finansial. Penundaan kehamilan ini juga sebaiknya dipertimbangkan untuk selalu menjaga kesehatan calon ibu yang menginginkan anak di usia 35 tahun ke atas.

Mitos hamil di usia senja
Ada mitos yang menyebutkan bahwa ibu yang hamil di usia senja akan melahirkan anak yang memiliki kelainan sindrom Down. Faktanya, menurut National Association of Down syndrome di Amerika Serikat menyebutkan bahwa usia ibu tidak mempengaruhi anak yang lahir dengan kondisi sindrom Down.

Menjaga kehamilan
Bagi calon ibu di usia 35 tahun ke atas, pada tiga bulan kehamilan pertama sebaiknya menjaga asupan asam folat. Selain itu, Anda juga harus berhenti merokok dan minum, berolahraga secara teratur, menjalani imunisasi rutin, menjaga kesehatan diri, dan melakukan perencanaan biaya kehamilan untuk biaya tak terduga.

Biasanya, memiliki anak di usia senja identik dengan sifat orang tua yang sabar dan penuh toleransi. Jika orang tua selalu tenang, maka proses kehamilan dan melahirkan pun menjadi mudah. Selain itu, sikap dewasa dari orang tua juga biasanya merupakan indikasi dari kedewasaan mereka. Jadi, jangan ragu untuk hamil di usia senja, karena seluruh risikonya ternyata bisa diatasi.

Subscribe to receive free email updates: